Ini Dia Tabel Ukuran Frame Sepeda


Frame adalah pinggir sepeda yg berfungsi sebagai bingkai ataupun rangka penopang komponen-komponen yg lain. di menentukan sepeda yg tepat, aku juga patut memperhatikan kesesuaian antara ukuran frame sepeda itu dgn body tubuh pengendaranya. bisa doang sepeda yg nyaman digunakan oleh seseorang bakal terasa kaga nyaman ketika anda mencoba menaikinya. Hal ini bisa dikarenakan karena ukuran frame kebesaran ataupun apalagi terlalu kecil oleh sebab itu buru-buru membuat lelah.
Memang benar, frame berjasa penting di kenyamanan suatu sepeda. apalagi sepeda semahal apapun kaga akan bonafit jika anda ngaco di memilih ukuran frame-nya. Aktivitas bersepeda jadi sedikit nyaman, kaga efisien, & sangat melelahkan.

ganjalan muncul ketika belum ada standar khas berkenaan ukuran-ukuran frame sepeda yg baku. Masing-masing pembuat sepeda, baik domestik ataupun internasional, memiliki patokan tersendiri di menentukan ukuran frame buatannya.

menurut garis besar, ukuran yg dimiliki frame sepeda terbagi jadi dua macam ialah C-C (Center To Center) & C-T (Center To Top). C-C diukur dari bottom bracket shell ke pertemuan seat tube, top tube, & seat stay. padahal C-T diukur dari bottom bracket shell ke pinggir teratas seat tube.

Tabel Ukuran Frame Sepeda C-T
Ukuran FrameETTC-TTinggi Pengendara
S : 16"538 mm406 mm155 - 175 cm
M : 18"560 mm457 mm165 - 185 cm
L : 20"593 mm508 mm175 - 195 cm
XL : 20"606 mm559 mm> 185 cm

Keterangan :
  • Ukuran : simbol ukuran yg biasa digunakan
  • ETT : Effective Top Tube Length ataupun ukuran top tube optimal
  • C-T : Center to Top ataupun ukuran dari bottom brake ke top tube
  • Tinggi Pengendara : ukuran body tinggi pengendara yg direkomendasikan
karena itu misalnya anda memiliki tinggi badan 178 cm, maka anda bisa memiliki frame sepeda yg berukuran M ataupun L.
Ini Dia Tabel Ukuran Frame Sepeda | 5